English | Bahasa
Registrasi Pin
Instant Issuance
Join Us

CSR
Lingkungan Hidup

Bagi sebuah institusi perbankan, dampak langsung kegiatan operasional terhadap lingkungan memang relatif lebih rendah dibandingkan industri lainnya. Tetapi, Bank Mega memiliki komitmen yang tinggi dalam mengelola dan meminimalkan risiko/dampak operasionalnya terhadap lingkungan. dampak lingkungan terbesar dari operasional Bank Mega adalah pada penggunaan energi, air, konsumsi kertas, dan pengelolaan sampah. salah satu upaya penghematan dilakukan dengan menerapkan sistem electronic document, workflow dan approval process. saat ini Bank Mega sudah berhasil menerapkan konsep paperless, dimana sebelumnya menggunakan hard-document berubah menjadi electronic document. Penerapan sistem ini akan terus dilakukan di semua unit kerja agar layanan kepada nasabah menjadi lebih cepat dan aman.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) juga diterapkan di Bank Mega, dan Bank Mega paham lingkungan kerja menjadi faktor penting bagi kenyamanan karyawan dalam bekerja. Manajemen selalu berusaha menciptakan lingkungan yang aman.

Program Tanggung Jawab Sosial

secara filosofis, program-program CSR yang dilaksanakan tidak sekedar mengembalikan sebagian keuntungan kepada masyarakat, tetapi lebih fokus pada membina hubungan yang harmonis dengan pemangku kepentingan, serta dapat saling memberikan nilai tambah kepada semua pihak secara berkesinambungan. Banyak hal yang telah dilakukan oleh Bank Mega sepanjang tahun 2016 yang terbagi dalam beberapa program, yaitu :

Mega Peduli

Mega Peduli merupakan kegiatan sosial sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap realita di masyarakat. Kegiatan Mega Peduli dapat bersifat rutinitas seperti membagi-bagikan sembako bagi masyarakat yang kurang mampu, sunatan massal dan donor darah yang dilakukan serentak di Kantor Pusat dan Jaringan Kantor di seluruh Indonesia. Mega Peduli juga bersifat spontanitas sebagai respon terhadap bencana alam di suatu tempat berupa penggalangan dana, bantuan obat-obatan, sembako, pakaian dan lain-lain.

Tujuan kegiatan ini adalah guna memupuk kepedulian seluruh manajemen dan karyawan khususnya terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan antara lain : yatim piatu (Panti asuhan), orang tua jompo (Panti Werda), tunawisma, orang cacat, korban bencana dan sebagainya yang berada di sekitar unit kerja dan/atau di sekitar kantor - kantor Cabang/ Capem/ Kantor Kas Bank Mega di seluruh Indonesia.

Seluruh karyawan dilibatkan secara aktif dalam kegiatan ini sehingga dapat mendidik karyawan memiliki rasa sosial dan kepedulian terhadap penderitaan sesama. Bantuan disalurkan melalui Kantor Cabang/ Capem/Kantor Kas Bank Mega di seluruh Indonesia.

Kegiatan sosial Mega Peduli semakin dirasakan manfaatnya terutama bagi masyarakat yang kurang beruntung karena dampak dari kebijakan pemerintah yang mengakibatkan meningkatnya harga-harga kebutuhan pokok dan melemahnya daya beli masyarakat. untuk itu pada setiap tahun kegiatan sosial Mega Peduli, Bank Mega selalu memberikan bingkisan dalam bentuk barang/ natura seperti beras, mie instan, kecap, minyak goreng. Jumlah total penyaluran Mega Peduli hampir mencapai Rp.1,5 miliar.

Mega Berbagi

Bank juga menggalang kegiatan bersama nasabah untuk memberikan bantuan guna meningkatkan pendidikan melalui produk Tabungan Mega Berbagi. Melalui Tabungan Mega Berbagi, nasabah akan menyisihkan minimal 1% dari sukubunga yang diterima, dan Bank Mega memberikan tambahan 1% lagi. dengan demikian melalui Tabungan Mega Berbagi, para nasabah serta Bank Mega secara bersama-sama telah beramal untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Pada awal desember 2016, Bank Mega melalui Komite Mega Berbagi telah memberikan komitmen untuk merenovasi 34 sekolah yang memiliki bangunan kurang layak. Termasuk diantaranya 2 sekolah korban banjir bandang di garut yang pembangunan kembali sekolahnya telah dimulai dan diharapkan rampung pada semester pertama 2017.

Literasi Edukasi Perbankan

Bank Mega turut berpartisipasi aktif menyukseskan program edukasi yang secara khusus diarahkan pada pengembangan pengetahuan masyarakat di bidang perbankan. Program yang dicanangkan oleh Bank Indonesia dan otoritas Jasa Keuangan ini merupakan manifestasi dari pilar ke enam arsitektur Perbankan Indonesia yang menetapkan bahwa bank-bank bertanggungjawab mendidik masyarakat mengenai dasar-dasar perbankan.

sepanjang tahun 2016, Bank Mega sudah melaksanakan beberapa kegiatan yang terkait dengan program literasi edukasi. di antaranya adalah edukasi “ayo ke Bank” kepada siswa MTs YKM3, Palbatu Menteng dalam, Jakarta selatan. edukasi Pemberian Literasi edukasi bersama OJK dengan menggunakan mobil Literasi edukasi “simolek” di wilayah Medan, yaitu di Bank Mega Kantor Cabang Medan Petisah, Medan Katamso, Medan Maulana Lubis, dan di yayasan Pendidikan Sultan Iskandar Muda. disamping itu Bank Mega juga turut mensukseskan Bulan Literasi bersama OJK, dengan mengadakan pameran kepada publik di Lapangan Merdeka Medan pada oktober 2016.

Manajemen Produk, Jasa & Konsumen

Bank Mega berkomitmen untuk menyediakan produk dan jasa perbankan yang transparan dan adil bagi semua nasabah. Pada setiap penjualan produk, Bank Mega menjelaskan manfaat, risiko serta biaya atas produk atau layanan kepada nasabah. Bank Mega juga menyediakan Layanan Customer service di kantor-kantor Bank Mega untuk menyampaikan pengaduan atas produk atau layanan perbankan, selain itu pengaduan dapat pula disampaikan di website Bank Mega atau dapat diakses melalui nomer telepon HP atau 1500010 yang dapat diakses 7 hari 24 jam. Selain itu, sejalan dengan peraturan OJK, Bank Mega juga telah menerapkan kebijakan yang sangat ketat untuk melindungi kerahasiaan data nasabah. untuk melindungi kerahasiaan, Bank Mega menggunakan pendekatan teknologi dan pendekatan proses untuk memastikan tidak terjadi pelanggaran atas kerahasiaan data nasabah.

Keseluruhan program tanggung jawab sosial yang dilaksanakan Bank Mega merupakan inisiatif dan implementasi komitmen dan Visi Perusahaan, guna berbagi dengan seluruh Pemangku Kepentingan sehingga harapan untuk dapat tumbuh berkembang dan menjadi kebanggaan bangsa dapat segera tercapai.

Mega Highlights
  Kurs             Beli            Jual
USD
13225
13525
EUR
15539
15905
AUD
10382
10631
SGD
9678
9905
JPY
120.61
123.46
BANK MEGA TERDAFTAR DAN DIAWASI OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN
Copyright 2013. PT Bank Mega Tbk. All Rights Reserved