English | Bahasa
Instant Issuance

CSR
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Bank Mega menjalankan seluruh kegiatan bisnisnya dengan melandaskan diri pada visi untuk menjadi kebanggaan bangsa. Visi tersebut telah tertanam dan terintenalisasi sehingga menumbuhkan komitmen bagi Bank Mega untuk memberi andil dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Bank Mega juga sangat menyadari bahwa eksistensi perusahaan tidak hanya berdasarkan pada pencapaian profitablitas semata. Untuk itu, Bank mengaktualisasikan berbagai upaya untuk menciptakan keselarasan antara kinerja operasional dan pertumbuhan profitabilitas yang diraih dengan menciptakan masyarakat yang makmur, adil, dan sejahtera melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan/Corporate Social Responsibility (CSR).

Bank Mega berupaya mengoptimalkan program CSR dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dirancang dengan seksama. Program-program CSR yang dilaksanakan tidak sekedar mengembalikan sebagian keuntungan kepada masyarakat, tetapi lebih ditekankan untuk mewujudkan hubungan yang harmonis dengan alam sekitar, tepatnya komunitas dan lingkungan, serta dapat saling memberikan nilai tambah kepada semua pihak secara berkesinambungan. Dalam pelaksanaannya, Bank melibatkan seluruh pemangku kepentingan dengan tujuan agar program yang dilaksanakan dapat memberikan manfaat yang menyentuh setiap lapisan kehidupan masyarakat.

Program-program CSR Bank Mega sepanjang tahun 2015 terbagi dalam beberapa program yaitu Mega Peduli, Edukasi “Ayo ke Bank”, Hibah Komputer serta kegiatan sosial lainnya. Aktualisasi program CSR Bank Mega tersebut juga merupakan wujud kepatuhan Bank terhadap ketentuan regulasi sebagaimana tercantum dalam undang-undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, melainkan merupakan wujud apresiasi terhadap kontribusi dukungan masyarakat kepada perkembangan Bank.

Mega Peduli

Bank Mega mewujudkan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui Kegiatan Sosial bertajuk “Mega Peduli" yang diselenggarakan setiap tahun. Pelaksanaan program ini berlandaskan pada kesadaran Bank bahwa pertumbuhan dan perkembangannya yang pesat tidak terlepas dari kepercayaan dan dukungan semua pihak yang terkait terhadap usaha Bank Mega. Oleh karena itu, Bank mengembalikan sebagian profitabilitas yang diperoleh dalam bentuk bantuan sosial kepada masyarakat yang layak menerima.

Tujuan kegiatan ini adalah memupuk kepedulian dan komitmen seluruh Manajemen dan pegawai Bank Mega terhadap tanggung jawab sosial dan kemasyarakatan, khususnya terhadap masyarakat yang kurang mampu antara lain: yatim piatu (Panti Asuhan), orang tua jompo (Panti Werda), tunawisma, orang cacat, korban bencana dan sebagainya yang berada di sekitar unit kerja dan/atau di sekitar kantor-kantor Cabang/Capem/Kantor Kas Bank Mega di seluruh Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, Mega Peduli disalurkan melalui Kantor Cabang/Capem/Kantor Kas Bank Mega di seluruh Indonesia. Pelaksanaan program ini melibatkan seluruh karyawan agar aktif berpartisipasi untuk menumbuhkan rasa sosial dan kepedulian terhadap penderitaan sesama.

Di tahun 2015, kegiatan CSR Mega Peduli semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang kurang beruntung seiring dengan melemahnya daya beli masyarakat dan dikeluarkannya kebijakan pemerintah untuk meningkatkan harga-harga kebutuhan pokok. Tekait dengan kondisi ini, Bank Mega mendistribusikan bingkisan berisi kebutuhan pangan sehari-hari untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat.

Edukasi Perbankan "Ayo ke Bank"

Terkait dengan komitmen untuk menciptakan generasi Indonesia yang cerdas dan berwawasan luas, Bank Mega secara konsisten melaksanakan program edukasi yang bertujuan khusus untuk mengembangkan pengetahuan masyarakat di bidang perbankan. Program yang dicanangkan oleh Bank Indonesia ini merupakan manifestasi dari pilar keenam Arsitektur Perbankan Indonesia yang menetapkan bahwa bank-bank bertanggung jawab mendidik masyarakat mengenai dasar-dasar perbankan.

Sepanjang tahun 2015, Bank Mega sudah melaksanakan beberapa kegiatan yang terkait dengan program edukasi, yaitu:

-Edukasi kepada Mahasiswa Universitas Parahyangan yang   berkunjung ke Kantor Pusat.
-Edukasi “Ayo ke Bank” kepada siswa-siswi SDN Martadinata,   Majalaya, Jawa barat.
-Pemberian Literasi Edukasi tentang pasar keuangan kepada   Himpunan Mahasiswa Analis Bursa Efek Universitas MH. Thamrin,   Jakarta.

Hibah Komputer

Sebagai pelengkap program “Ayo ke Bank”, Bank Mega juga secara rutin melakukan program “Hibah Komputer” untuk sekolah-sekolah yang memang membutuhkan perangkat dasar tersebut. Bank Mega melihat bahwa generasi muda saat ini sangat membutuhkan wawasan terkait penggunaan perangkat komputer. Dengan wawasan yang memadai, diharapkan akan tercipta generasi-generasi cerdas yang siap beradaptasi dengan tuntutan zaman. Di tahun 2015, sekolah yang telah menerima Hibah Komputer Bank Mega berupa 5 (lima) unit komputer dari Program “Hibah Komputer” ini adalah SDN Martadinata, Majalaya, Jawa barat.

Kegiatan Lainnya

Bank Mega juga selalu terlibat secara aktif dalam kegiatan sosial lainnya terutama ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam, baik secara lokal maupun nasional. Bertepatan dengan hari Ulang Tahun Bank Mega di tahun 2015, Bank bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan donor darah di Kantor Pusat dan Kantor Wilayah Bank Mega. Sementara itu, untuk memanfaatkan waktu liburan sekolah, Bank Mega juga menyelenggarakan Khitanan Massal bagi anak-anak dari keluarga yang kurang mampu.

Mega Highlights
  Kurs             Beli            Jual
USD
13225
13525
EUR
14369
14708
AUD
9853
10090
SGD
9453
9675
JPY
118.4
121.19
Copyright 2013. PT Bank Mega Tbk. All Rights Reserved