English | Bahasa
Registrasi Pin
Instant Issuance
Join Us
BERITA PERUSAHAAN

Bank Mega Menjadi Salah Satu Bank Sindikasi Pembiaya Proyek LRT Sebesar Rp 19,25 Triliun

Pada hari Jumat (29/12), bertempat di Kempinski Grand Ballroom, Grand Indonesia Shopping Town (West Mall), Jakarta Pusat,

Bank Mega menjadi salah satu Bank yang ikut dalam Penandatanganan perjanjian fasilitas kredit ini terhadap PT Kereta Api Indonesia (KAI). Penandatanganan ini dilakukan dengan Bank Sindikasi baik Himbara, Bank Swasta nasional dan swasta asing yang diwakili oleh JMLAB yang terdiri dan Bank Mandiri, BNK, BRI, BCA, CIMB Niaga dan PT SMI, serta bank-bank lain yang juga bertindak sebagai kreditur dalam transaki ini diantaranya Bank DKI, BTMU, Hana Bank, Shinhan Bank Indonesia, Bank Sumut dan Bank Mega.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menandatangani kontrak pinjaman terbesar yang dibuat Perseroan sepanjang sejarah perkeretaapian. Kontrak pinjaman tersebut yakni dengan jangka waktu selama 18 tahun dengan nominal sebesar 18,1 triliun untuk Kredit Investasi dan 1,15 Triliun untuk Kredit Modal kerja.

Total Komitmen pembiayaan dari seluruh Bank Sindikasi sebesar Rp 28,6 trliun telah terlampaui kebutuhan pinjaman yang diperlukan KAI atau oversubscribed sebesar 1,5 kali.

Penandatanganan ini merupakan bentuk dedikasi KAI dalam mendukung tersedianya infrastruktur di Indonesia. Lebih lanjut, bagi KAI, penandatangan ini dilakukan agar KAI dapat segera menggarap penugasan Presiden Republik Indonesia, sehingga target operasional LRT Jabodebek pada 2019 mendatang dapat tercapai. Di sini perbankan nasional, penandatangan ini juga menunjukkan adanya harmonisasi diantara perbankan Himbara, Swasta lokal dan swasta asing. Keterlibatan perbankan asing menegaskan bahwa proyek in itidak hanya sekadar penugasan dari pemerintah, namun juga menunjukkan bahwa proyek ini secara komersial dinilai feasible dan bankable.

Pemerintah, yang diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan menyambut bauk penandatanganan kontrak pinjaman antara KAI dengan 12 Bank sindikasi terkait kerjasama pembangunan proyek LRT Jabodebek.

“Ini adalah suatu kemajuan yang sangat signifikan, oleh karena baru pertama kalinya suatu proyek pemerintah bisa ditangani secara sindikasi. Dengan nilai pinjaman sebesar Rp 19,25 triliun dan jangka waktu kontrak selama 18 tahun. Ini adalah angka yang besar. Dan bisa dijadikan model pendanaan proyek pemerintah lainnya dimasa depan,” ujarnya.


Penandatanganan kontrak pinjaman sindikasi LRT Jabodebek ini dilakukan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dan Direksi dari masing-masing bank sindikasi. Bank Mega dalam kesempatan ini diwakili oleh Direktur Kredit Madi Darmadi Lazuardi.

Mega Highlights
  Kurs             Beli            Jual
USD
15170
15270
EUR
17570
17727
AUD
10789
10903
SGD
11006
11104
JPY
135.16
136.4
BANK MEGA TERDAFTAR DAN DIAWASI OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN
Copyright 2013. PT Bank Mega Tbk. All Rights Reserved